Hak dan Kewajiban Dokter Pasien, Komunikasi dan Kepemimpinan Dokter di New Normal

Days
Hours
Minutes
Seconds
Acara Sudah Terlaksana

Ketika seluruh dunia mengalami perubahan mendasar: interaksi antar manusia, pergeseran nilai inti (core value) tentang kesehatan di masyarakat, lompatan besar dalam tatalaksana pelayanan medis hingga teknologi kedokteran. 

Inilah saatnya tenaga medis meningkatkan efektivitas komunikasi dan kepemimpinan dokter menjadi sangat penting.

Di bidang pelayanan kesehatan di Rumah sakit ada 3 (tiga) pelaku utama yang berperan dengan relasi hak dan kewajiban. Ketiga pelaku utama tersebut adalah Pasien, Dokter dan Rumah Sakit.  

Komunikasi menjadi hal penting bagi dokter  dalam menginformasikan hak dan kewajiban pasien. Komunikasi efektif termasuk standar kompetensi dokter Indonesia yang diajarkan sejak bangku kuliah.  

Tantangannya adalah cara mempengaruhi perubahan perilaku pasien secara positif untuk menjalankan hak dan kewajibannya dalam hubungan dokter pasien , sehingga ia bertanggung jawab penuh atas kesehatan dirinya. Pada titik inilah, seorang dokter dapat menggunakan teknik coaching.

Coaching sendiri pada prinsipnya adalah metodologi yang menekankan pada kemitraan (partnership) antara coach dan coachee; pada proses kreatif yang menstimulasi pikiran (thought provoking process), membuka potensi maksimal dari coachee untuk mencapai tujuan yang ia ingin capai.

Diluar negeri, konsep medical coaching dan health coaching sudah berkembang. Seorang profesional medis menggunakan teknik coaching untuk meningkatkan kualitas komunikasinya dengan pasien, keluarga, tenaga kesehatan lainnya, serta pada peer to peer.

Selain menjalankan keprofesiannya, seorang dokter pada akhirnya akan memiliki peran sebagai pemimpin. 

Pada umumnya, dokter akan belajar secara mandiri untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinannya. Dan diperlukan berbagai gaya kepemimpinan dalam situasi yang kompleks seperti sekarang ini.

Coaching leadership adalah salah satu gaya kepemimpinan, yang fokus utamanya memberdayakan anggota tim. Dalam kondisi yang penuh dengan ketidak pastian, gaya kepemimpinan ini menjadi sangat efektif.

Registrasi

Powered by Kirim.Email

Scroll to Top