Bagaimana cara mudah memulai bisnis online yang menguntungkan bagi pemula?

Bisnis online kini semakin menjamur seiring perkembangan teknologi dan mudahnya mendapatkan segala informasi lewat internet. Apa pun bisnisnya, dengan media internet jauh lebih cepat dibanding pemasaran konvensional.

Masih banyak yang bingung cara untuk memulai bisnis online apalagi untuk pemula. Belum lagi keterbatasan lain, seperti gagap teknologi, bingung memilih jenis bisnis karena banyaknya pilihan, dan takut akan resiko karena bisnis online yang dinamis menuntut pelakunya untuk selalu bisa membaca pasar secara cepat dan tepat.

Ada beberapa tahap yang dapat Anda ikuti untuk menjamin kesuksesan ketika Anda memulai bisnis online kecil-kecilan. Ikuti tahapan membangun bisnis online berikut :

1. Menemukan kebutuhan pasar.
2. Membuat iklan yang punya daya jual kuat.
3. Merancang dan membangun situs web yang mudah digunakan untuk pengunjung.
4. Menggunakan mesin pencari untuk mengarahkan lalu lintas kunjungan online ke situs Anda.
5. Membangun reputasi baik untuk merek dan produk Anda.
6. Menindaklanjuti keluhan atau pertanyaan pelanggan lewat email atau saluran komunikasi instan lainnya.
7. Meningkatkan penghasilan melalui penawaran-penawaran menarik.

Siapa pun itu, mulai dari pemula hingga wirausaha online berpengalaman, dapat mengambil manfaat dari proses ini dalam mempelajari cara memulai bisnis online. Berikut adalah rangkuman cara mudah memulai bisnis online untuk pemula, dilansir dari Entrepreneur.com.

 

1. Memulai bisnis yang memenuhi kebutuhan pasar.

Riset pasar sangat dibutuhkan di awal sebelum Anda menentukan produk yang akan Anda tawarkan, jangan terbalik. Riset dibutuhkan untuk membaca tingkat urgensi dari suatu produk terhadap pasar, apabila nilai kebutuhannya cukup tinggi, Anda dapat memanfaatkannya dengan menawarkan produk yang dibutuhkan tersebut sebagai bisnis Anda.

Untuk meningkatkan peluang kesuksesan Anda, cara mudah memulai bisnis online adalah mulailah dengan pasar. Kuncinya adalah menemukan sekelompok orang yang mencari solusi kebutuhan mereka dan belum menemukannya.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan di internet untuk menunjang riset pasar seperti ;

1. Mengunjungi forum online untuk melihat pertanyaan apa yang diajukan orang dan kebutuhan apa yang mereka coba penuhi.

2. Melakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang dicari banyak orang, tetapi tidak memiliki banyak persaingan dengan situs lain.

3. Periksa pesaing potensial Anda dengan mengunjungi situs mereka dan catat apa yang mereka lakukan untuk memenuhi permintaan. Kemudian Anda dapat menggunakan apa yang telah Anda pelajari dan menciptakan produk untuk pasar yang sudah ada dan melakukannya dengan lebih baik daripada pesaing.

2. Membuat iklan dengan daya jual yang kuat.
Cara mudah memulai bisnis online selanjutnya adalah membuat iklan yang memiliki daya jual kuat. Lalu, apa saja tipe iklan yang menarik minat pengunjung untuk membeli produk yang Anda pasarkan secara online?

1. Menarik minat dengan judul atau Headline yang unik.
2. Menjelaskan manfaat dari produk Anda dengan kalimat-kalimat menarik.
3. Meyakinkan pembeli dengan kredibilitas produk Anda yang lebih baik dan lebih bagus.
4. Menambahkan testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan produk Anda.
5. Banyak membicarakan tentang produk dan manfaatnya bagi pengguna.
6. Menawarkan lebih banyak keuntungan, misalnya menggunakan metode upselling.
7. membuat jaminan produk yang kuat, sertakan izin dan proses pembuatan jika diperlukan.
8. Membuat urgensi yang menarik sehingga pengunjung merasa sangat membutuhkan produk Anda.

Sepanjang iklan, Anda perlu fokus pada produk atau layanan Anda yang secara unik mampu memenuhi kebutuhan orang atau membuat hidup mereka lebih baik.

 

3. Merancang dan membangun situs web untuk produk Anda.

Setelah Anda memiliki pasar dan produk Anda sendiri, kemudian Anda juga sudah menjalankan proses penjualan, selanjutnya Anda bisa bersiap untuk mendesain situs web bisnis Anda.

Ketika Anda beriklan online, Anda hanya memiliki kurang dari lima detik untuk menarik perhatian pengunjung – jika tidak, Anda akan kehilangan pembeli potensial Anda.

Selanjutnya yang perlu Anda pelajari tentang cara mudah memulai bisnis online adalah, cara menarik perhatian pengunjung terhadap situs penjualan Anda :

1. Pilih satu atau dua font biasa dengan latar belakang menarik.
2. Jadikan navigasi Anda jelas, sederhana, dan sama di setiap halaman.
3. Gunakan grafik, audio atau video jika tujuan Anda untuk meningkatkan pesan mengenai produk yang Anda tawarkan.
4. Sertakan penawaran dengan kuisioner atau mengisi daftar pengunjung dengan alamat email atau nomor ponsel sehingga Anda dapat mengumpulkan alamat email dan nomor ponsel untuk penawaran selanjutnya.
5. Buatlah tampilan situs web anda mudah untuk pilihan langsung membeli – jangan arahkan pengunjung untuk klik terlalu banyak halaman, itu akan membuat mereka bosan.
6. Situs web Anda adalah etalase online Anda, jadi buatlah tampilan yang ramah pelanggan, penjelasan dan gambar yang lengkap dan jelas.

 

4. Menggunakan mesin pencari online untuk mengarahkan pembeli yang ditargetkan ke situs Anda.

Cara mudah memulai bisnis online selanjutnya adalah memanfaatkan mesin pencari online. menggunakan iklan dengan bayaran per klik adalah cara termudah untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung ke situs baru Anda. Cara ini memiliki keuntungan lebih cepat daripada menunggu lalu lintas pengunjung datang kepada Anda secara organik.

Pertama, manfaatkan iklan PPC (Pay Per Click) yang segera muncul di halaman pencarian. Kedua, iklan PPC memungkinkan Anda untuk menguji kata kunci yang berbeda, serta berita utama, harga, dan pendekatan penjualan. Anda tidak hanya mendapatkan lalu lintas pengunjung secara langsung, tetapi Anda juga dapat menggunakan iklan PPC untuk menemukan kata kunci terbaik dengan konversi tertinggi.

Kemudian Anda dapat mendistribusikan kata kunci tersebut di seluruh situs Anda yang akan membantu peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian pengunjung organik.

 

5. Bangun reputasi produk yang baik dan profesional.

Orang menggunakan internet untuk mencari informasi. Dengan memberikan informasi itu secara gratis ke situs lain, Anda akan melihat lebih banyak lalu lintas pengunjung dan peringkat mesin pencari yang lebih baik. Rahasianya adalah selalu menyertakan tautan ke situs web Anda untuk setiap informasi menarik.

Cara mudah memulai bisnis online yang harus Anda terapkan adalah dengan membangun reputasi produk yang baik dan profesional. Dalam membangun reputasi online yang baik, Anda bisa melakukan hal-hal berikut :

1. Membuat artikel, video, atau konten lain yang bermanfaat bagi pengunjung. Sebarkan konten itu melalui direktori artikel online atau situs media sosial.

2. Menyertakan tautan “kirim ke teman” pada konten berharga di situs web Anda, gunanya untuk menarik pengunjung baru ke situs Anda.

3. Menjadi ahli aktif di forum industri yang sama dengan bisnis Anda dan situs jejaring sosial tempat pasar target Anda bergaul.

Anda akan mendapatkan pengunjung dan pembaca baru di situs web Anda setelahnya. Namun, akan lebih baik jika setiap situs yang memposting konten Anda akan terhubung kembali ke situs utama Anda. Mesin pencari menyukai tautan dari situs yang relevan dan akan memberi Anda peringkat untuk pencarian online.

 

6. Gunakan kekuatan pemasaran lewat email untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli.

Ketika Anda membuat daftar pengunjung, Anda telah mengumpulkan aset paling berharga dari bisnis online Anda, yaitu pembeli potensial. Apabila pengunjung situs web Anda telah mengizinkan Anda untuk mengirimkan email kepada mereka, Itu berarti :

1. Anda dapat memberi mereka sesuatu yang mereka minta.
2. Anda dapat mengembangkan hubungan seumur hidup dengan mereka.
3. Respon dari setiap pengunjung dapat diukur 100 persen.
4. Pemasaran dengan email lebih murah dan lebih efektif daripada menggunakan media cetak, televisi atau radio.

Siapa pun yang mengunjungi situs Anda dan memilih masuk dalam daftar pengunjung (seperti mengisi daftar pengunjung yang diisi dengan email atau nomor ponsel) adalah target potensial Anda. Dan mengirimkan mereka email pemasaran kepada mereka, seperti Anda telah menjawab kebutuhan dan keinginan mereka.

 

7. Tingkatkan penghasilan Anda melalui penawaran-penawaran menarik.

Salah satu strategi pemasaran internet yang paling penting adalah mengembangkan nilai koneksi seumur hidup setiap pelanggan. Biasanya, penjualan pertama adalah bagian yang paling sulit – atau yang paling mahal. Jadi, gunakan strategi penjualan dengan penawaran tambahan yang menarik untuk membuat mereka membeli kembali, seperti ;

1. Menawarkan produk yang melengkapi pembelian utama mereka.
2. Mengirimkan kupon loyalti elektronik yang dapat mereka tebus pada pembelian berikutnya.
3. Menawarkan produk terkait di halaman “Terima Kasih” Anda setelah mereka membeli.
4. Menghadiahkan pelanggan Anda produk tambahan atas kesetiaan mereka, ini akan membuat mereka menjadi lebih loyal.

 

Terakhir, cara mudah memulai bisnis online yang dapat Anda terapkan, jika Anda sudah online beberapa saat, lakukan tinjauan kunjungan dengan cepat dan lihat apakah ada langkah yang Anda abaikan, bersikap lebih teliti dan lakukan sesuai dengan urutan yang benar membuat bisnis online Anda dapat bertahan.

Internet berubah begitu cepat sehingga satu tahun online sama dengan sekitar lima tahun di dunia nyata. Tetapi prinsip-prinsip memulai dan menumbuhkan bisnis online yang sukses tidak berubah sama sekali. Jika Anda baru memulai bisnis online kecil-kecilan, patuhi urutan diatas.

Terdapat banyak cara untuk memulai bisnis, apalagi di dunia online yang sudah didukung kecanggihan teknologi, Anda hanya perlu punya niat dan keyakinan dalam memulainya. Semoga sukses terus untuk usaha online Anda.

 

 

Disadur dan disesuaikan dari : entrepreneur. com- How to Start a Business Online

https://www.entrepreneur.com/article/175242