Cara Menjadi CEO Terbaik

Bercita-Cita Jadi CEO Sukses? Persiapkan 5 Hal Ini!

Menjadi leader atau CEO tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Waktu, tenaga, dan pikiran akan terkuras demi mewujudkan suatu produk bisnis yang sustainable & menghasilkan profit. Tak hanya itu, seorang CEO juga harus mampu mengelola tim dengan baik.

 
Apa saja kiat-kiat untuk bertransformasi menjadi CEO yang lebih baik?

 

1️⃣ Jeli Melihat Peluang

 

Seorang CEO harus jeli terhadap masalah yang dialami masyarakat.

 

Contohnya, Gojek yang didirikan oleh Nadiem Makarim. Nadiem melihat masyarakat sangat membutuhkan akses transportasi publik yang cepat & mudah didapat. Oleh karena itu, ia menghadirkan Gojek sebagai solusinya.

 

2️⃣ Memimpin Tim dengan Solid

 

Jack Ma, pebisnis terkaya dunia, mengaku kesuksesan Alibaba Group tak lepas dari kerja sama tim yang baik.

 

3️⃣ Menghargai Work Life Balance

 

Pemimpin harus bisa menyeimbangkan beban kerja karyawan & kehidupan personalnya, dengan cara mengatur jam lembur secara bijak & manusiawi.

 

Karyawan pun akan menghargai Anda sebagai leader yang memiliki empati tinggi.

 

4️⃣ Beri Kesempatan pada Karyawan untuk Mencoba Hal Baru

 

Ciptakan lingkungan kerja dimana karyawan Anda bisa mencoba strategi baru tanpa takut dihukum jika ada kesalahan.

 

Saat ada kesalahan, cobalah untuk memandang kesalahan sebagai pelajaran berharga, lalu diskusikan bersama terkait solusinya.

 

5️⃣ Fokus pada Pengembangan Potensi Karyawan

 

Salah satu faktor kesuksesan Microsoft adalah Bill Gates fokus mengembangkan potensi & keterampilan timnya di dunia pemrograman komputer.

 

Ia percaya setiap orang memiliki potensi, dan tugasnya sebagai CEO adalah memastikan karyawannya dapat mengoptimalkan potensi tersebut.

 

CEO yang tak dapat menghargai tim dengan baik, bagaikan rumah yang pondasinya digerogoti rayap. Mudah rapuh dan tak mampu bertahan saat diterpa masalah.

 

CEO yang tak memiliki strategi bisnis agar dapat survive, bagaikan rumah yang tak memiliki kunci. Setiap hari Anda akan merasa tidak aman dan dipenuhi ketakutan.

 

Baik faktor internal (kemampuan manajemen tim) maupun eksternal (menyusun strategi bisnis) merupakan kunci kesuksesan bisnis dan wajib dimiliki para CEO.

Hijrah Coach hadir untuk Entrepreneur, Business Owner, CEO, Leader, Eksekutif, dan Anda yang ingin memulai bisnis & mentransformasinya ke arah yang lebih baik!

 

Rasakan pengalaman & manfaat coaching untuk tingkatkan karir dan bisnis Anda!

Scroll to Top