Mindset positif dapat mendefinisikan citra positif dan optimisme seseorang, lalu bagaimana cara membangun mindset positif untuk sukses? Apakah mindset saja cukup untuk meraih kesuksesan? Adakah cara membangun mindset positif yang praktis agar cepat sukses?

Pertanyaan-pertanyaan ini sering muncul ketika orang-orang mulai tersadar tentang pentingnya kekuatan memiliki mindset positif. Berpikir dan memiliki mindset positif telah terbukti baik manfaatnya secara fisik atau mental karena mindset positif memberi Anda lebih banyak kepercayaan diri, meningkatkan suasana hati, bahkan mengurangi kemungkinan gangguan terkait stress dari pikiran-pikiran negatif.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam membangun mindset positif agar sukses, inilah 6 diantaranya.

6 cara membangun mindset positif agar suksesĀ 

1. Mulailah hari dengan afirmasi positif.

Cara Anda membangun dan mengatur emosi serta pikiran di pagi hari akan menentukan sisa hari Anda apakah positif atau tidak. Misalnya Anda dihadapkan dengan kondisi terlambat bangun pagi, panik dan was-was karena merasa akan terjadi hal tidak baik yang akan terjadi sepanjang hari. Alih-alih membiarkan pikiran ini mendominasi Anda, awali hari Anda dengan afirmasi yang positif.

Sangat penting membangun mindset positif sejak Anda tersadar di pagi hari, walaupun terasa konyol, mulailah dengan mengatakan kepada diri Anda sendiri pernyataan seperti, “Aku akan menjadi luar biasa hari ini” atau “Hari ini akan menjadi hari yang baik”. Setelah itu, kagum lah betapa hari Anda akan meningkat positif dengan kekuatan afirmasi yang telah Anda lakukan.

2. Fokus pada hal-hal baik, betapa pun kecilnya itu.

Bagaimana cara membangun mindset positif agar sukses? Fokus pada hal baik walaupun kecil.
Semua orang tentunya pernah menghadapi hambatan sepanjang hari, atau merasa tidak ada hari yang sempurna. Namun hambatan adalah tantangan, Anda hanya perlu fokus pada manfaatnya.

Fokus pada hal-hal baik ketika terjadi hambatan, walaupun kecil, namun dengan tetap melihat sisi positif dari hal yang terjadi, dapat dengan pelan merubah mindset Anda menjadi positif, dan itulah yang orang sukses lakukan. Mindset positif ini akan menuntun anda menemukan jalan keluar dengan fokus pada hal kecil lain yang baik.

3. Temukan sisi “lucu” dalam situasi yang buruk.

Salah satu cara membangun mindset positif agar sukses ini berhubungan dengan selera humor. Temukanlah humor dalam situasi yang paling buruk sekalipun. Ketika Anda dalam situasi paling sulit, ingatkan diri Anda bahwa situasi ini mungkin akan membuat cerita bagus nantinya dan cobalah untuk melihat sisi lucunya.

Kita semua pastinya pernah mengalami hari yang buruk dan hal-hal terasa seperti tidak berjalan dengan baik. Dalam tekanan, berusahalah untuk tertawa atau menemukan humor Anda sendiri dalam mengatasinya. Untuk tetap ceria dan berpikir positif, jadikan tawa dan selera humor sebagai bagian yang disengaja dari gudang senjata Anda untuk menghadapi kegagalan atau kesedihan.

4. Mengubah kegagalan menjadi pelajaran, adalah cara membangun mindset positif dari orang-orang sukses.

Karena anda tidaklah sempurna, Anda akan membuat kesalahan dan mengalami kegagalan dalam berbagai konteks, di banyak pekerjaan dan dengan banyak orang. Alih-alih memikirkan bagaimana Anda gagal, cobalah untuk memikirkan tentang apa yang akan Anda lakukan lain kali, ubah kegagalan Anda menjadi sebuah pembelajaran. Buat aturan dan cara baru untuk mengelola kegagalan sebagai batu loncatan Anda menuju sukses.

5. Ubah perilaku berbicara negatif menjadi positif.

Kebanyakan dari kita tentunya sering berbicara dengan diri sendiri. Pembicaraan diri sendiri yang negatif dapat merambat dengan mudah dan seringkali sulit untuk diperhatikan.

Terkadang, Anda berpikir tentang sesuatu yang buruk atau Anda seharusnya tidak mencoba melakukan sesuatu, tetapi pikiran-pikiran ini memperkuat konsepsi Anda tentang diri sendiri. Ketika Anda mendapati diri Anda dalam situasi ini, berhenti dan gantikan pesan-pesan negatif terhadap diri sendiri dengan pesan positif dan menyemangati.

Misalnya ketika Anda gagal melakukan sesuatu, usahakan untuk tidak mengumpat pada keadaan atau diri sendiri, cobalah untuk memberi pesan positif pada diri Anda sendiri seperti, “Saya akan menjadi jauh lebih baik setelah ini, sedikit latihan lagi, semangat”. Terus ulangi hal ini sampai Anda terbiasa berdialog dengan baik dan menjadi positif terhadap diri Anda sendiri.

6. Bergaul dengan teman, mentor, dan rekan kerja yang positif.

Saat anda dikelilingi orang-orang positif, anda akan mendengar pandangan positif, kisah-kisah positif, dan afirmasi positif. Kata-kata positif mereka akan meresap dan mempengaruhi cara anda berpikir dan berkata-kata. Menemukan orang-orang positif untuk mengisi hidup memang sulit, tetapi anda perlu menghilangkan hal-hal negatif dalam hidup anda agar dapat menjadi positif dan berguna untuk orang lain.
Hampir setiap orang dalam situasi apapun dapat menerapkan pelajaran ini dalam kehidupan mereka sendiri dan meningkatkan sikap positif mereka. Seperti yang mungkin anda bayangkan, pemikiran positif menawarkan hasil yang majemuk, sehingga semakin sering anda praktikkan, semakin besar manfaat yang akan anda sadari.

Yang dapat kita ambil manfaatnya dari 6 cara diatas adalah untuk menjadi orang yang bahagia, sukses, dan optimis tentunya tidak dibebaskan dari cobaan hidup. Tetapi apa yang mereka miliki bersama adalah kemampuan luar biasa mereka untuk mengalihkan fokus ke bagian yang lebih tinggi dari mereka sendiri. Caranya dengan membangun mindset positif untuk sukses, dimulai dari diri sendiri, kemudian ditularkan ke lingkungan, sehingga keseluruhan afirmasi positif ini membawa kesuksesan dan kebahagiaan di kemudian hari.

Disadur dan disesuaikan dari : www.success.com – Practical tips to achieve a positive mindset