Anda punya mimpi membangun bisnis di tahun 2020? Tapi tidak ada modal untuk memulainya?

Banyak orang mulai bertanya-tanya cara memulai bisnis untuk pemula, namun untuk memulainya, banyak yang berfikir ini adalah tantangan besar karena beberapa hal yang ditakutkan seperti kegagalan, takut tidak diterima pasar, dan tidak adanya modal.

Daripada memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi, ikuti 6 cara cepat memulai bisnis untuk pemula di tahun 2020.

1. Temukan ide

Tips pertama dari cara cepat memulai bisnis untuk pemula di tahun 2020 semudah menemukan ide Anda terlebih dahulu.

Ketika Anda ingin memulai bisnis, sebaiknya ide bisnis sudah harus dipikirkan dengan baik.
Biasanya, ide dibentuk dari sesuatu yang dekat dengan kita, yang dapat dilihat, didengar, atau dirasakan. Ada pula ide bisnis dari sesuatu yang Anda sukai, tentunya ini akan lebih baik karena Anda sudah mengenal dengan baik ide tersebut.

Ada kalimat, bisnis yang sukses selalu dibangun dengan ketulusan dan semangat pantang menyerah, hal tersebut benar adanya.
Ide bisnis dari hal yang Anda sukai, kuasai, atau dekat dengan Anda, akan dengan mudah memberi Anda semangat dan ketulusan dalam memulai dan menjalankannya.

Pilihan lainnya adalah dengan membuka bisnis waralaba dari perusahaan yang sudah mapan dan dikenal. Perusahaan-perusahaan ini sudah memiliki konsep, untuk merk sudah pasti mengikuti bisnis model yang sudah ada, jadi yang Anda butuhkan hanyalah lokasi yang baik dan sarana untuk mendanai operasional. Beberapa bisnis waralaba saat ini memberikan tawaran modal awal yang terjangkau, dengan pendapatan dijamin oleh merk dagang yang sudah dikenal pasar.

Namun yang perlu Anda garis bawahi adalah, selama fase mengumpulkan atau mencari ide ini Anda juga perlu menyelesaikan detail utama. Jika ide tersebut bukan sesuatu yang Anda sukai atau tidak ada pasar untuk kreasi Anda, mungkin Anda butuh ide lain. Ada banyak pilihan ide dan cara memulai bisnis untuk pemula seperti Anda, semua diawali dengan ide dan detail utamanya.

2. Pilihlah tipe bisnis Anda

Cara cepat memulai bisnis untuk pemula berhubungan dengan banyak pilihan. Ketika Anda memulai bisnis, akan ada banyak pilihan yang harus Anda lakukan. Namun yang paling utama selain ide adalah menentukan jenis bisnis yang akan Anda mulai.

Keputusan Anda menentukan jenis bisnis yang dijalankan akan berdampak kepada pajak, kewajiban, manajemen, keberlangsungan (lama atau tidaknya bisnis tersebut dapat bertahan), hingga formalitas operasional. Sangat disarankan untuk mendiskusikan dengan seorang akuntan atau orang yang berpengalaman untuk menentukan jenis bisnis model sebelum Anda memulainya.

3. Buat dan tulis rencana bisnis

Ketika Anda sudah memiliki ide, buatlah perencanaan bisnis (business plan).
Walaupun Anda adalah pemilik tunggal bisnis yang akan dijalankan, Anda tetap memerlukan rencana bisnis tertulis untuk memastikan Anda tetap berada di jalur yang benar menuju tujuan Anda dan untuk menarik calon investor.

Dalam membuat dan menyusun business plan, Anda akan menghasilkan beberapa gagasan tentang bisnis dan masa depan yang akan Anda kembangkan.

Cakupan business plan yang solid diantaranya :

– Terdapat ringkasan eksekutif (padangan ringkas tentang bisnis Anda)

– Analisis pasar (didalamnya terdapat riset tentang industri, pasar dan pesang Anda)

– Rancangan manajemen dan organisasi (yang berisi struktur bisnis dan manajemen Anda)

– Produk atau Layanan (detail produk atau layanan yang Anda tawarkan)

– Pemasaran dan penjualan (disarankan untuk menguraikan strategi pemasaran dan penjualan Anda)

– Permintaan pendanaan (berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk meluncurkan bisnis Anda dan mempertahankannya sampai Anda mulai menghasilkan laba yang konsisten

– Proyeksi keuangan (pikirkan juga anggaran pada skala yang lebih besar)

Dapat pula Anda tambahkan beberapa lampiran opsional lain seperti resume dan izin usaha Anda.

Business plan membantu Anda mengetahui ke mana perusahaan Anda akan memiliki tujuan, bagaimana proyeksi perkembangan perusahaan, bagaimana hal itu akan mengatasi segala kesulitan potensial dan apa yang Anda butuhkan untuk mempertahankannya.

4. Lakukan survei pemasaran

Tujuan Anda melakukan survei adalah untuk mengetahui tingkat persaingan bisnis, pangsa pasar, dan potensi dari bisnis yang Anda rintis. Survei ini penting untuk mengetahui peluang bisnis Anda, dan seberapa besar kemungkinannya.
Dengan melakukan survei ini, Anda dapat mengetahui bahwa strategi pemasaran produk yang sudah Anda rencanakan dalam business plan apakah sudah efektif atau tidak.

Survei dapat dilakukan dengan banyak model. Survei konvensional ,dari sosial media, membaca informasi bisnis, atau menggunakan jasa survei pelanggan yang saat ini mudah Anda temukan.

5. Menghitung modal dan memperkirakan laba

Memulai bisnis di bidang apa pun ada harganya, selanjutnya yang Anda butuhkan adalah menentukan bagaimana Anda akan mendapatkan dan menutup biaya-biaya itu.

Akan ada banyak pertanyaan yang melintas nantinya, seperti

Apakah Anda memiliki sarana atau modal untuk mendanai bisnis rintisan Anda?

Apakah Anda butuh meminjam uang tambahan modal?

Apabila Anda berencana meninggalkan pekerjaan Anda saat ini dan fokus pada bisnis sendiri, apakah Anda memiliki cukup tabungan atau uang yang disisihkan untuk menghidupi diri sendiri sampai Anda mendapat untung?

Mulailah dengan menentukan modal. Modal bisnis adalah salah satu hal penting dalam memulai bisnis, Semua pemula dalam bisnis pasti membutuhkan modal sebagai penggerak utama perjalanan bisnis. Modal bisnis bisa berupa materi atau uang, dan energi.

Uang dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan bisnis, seperti membeli barang untuk operasional, mengajukan dan mendapatkan izin usaha, membayar karyawan, sampai membeli aset.

Sedangkan modal energi adalah kemampuan atau keterampilan seseorang dalam menjalankan bisnis. Semua biaya yang didaftarkan sebagai modal bisnis nantinya dapat digunakan untuk memperkirakan pendapatan operasional.

6. Temukan cara untuk mendanai bisnis Anda

Cara paling tradisional yang bisa dilakukan pengusaha untuk mendanai bisnis baru mereka adalah dengan mengumpulkan keuangan pribadi sendiri melalui tabungan, kartu kredit, atau ekuitas rumah, bahkan apa pun yang mereka miliki.
Walaupun pendanaan mandiri ini adalah yang paling gampang dilakukan, kemungkinan besar dalam tahun-tahun pertama bisnis berjalan, uang cadangan akan terus berkurang sementara Anda sedang berusaha untuk mengembalikan modal.

Berikut ada beberapa cara cepat memulai bisnis untuk pemula dari sisi pendanaan, Anda dapat menggunakan peluang pendanaan dari metode-metode seperti :

– Pendanaan dari perusahaan berbasis modal ventura

– Pendanaan dari Angel Investor (individu kaya yang memberikan modal untuk bisnis perusahaan rintisan atau sedang bertumbuh)

– Pendaan menggunakan metode Crowdfunding/Urun dana. Ini adalah penggalangan dana dari sejumlah besar orang untuk memodali binis atau proyek, umumnya dilakukan melalui internet.

– Pendanaan melalui program bank yang menyasar UMKM atau bisnis rintisan dengan suku bunga terjangkau dan program kerjasama yang menguntungkan.

Demikian 6 cara cepat memulai bisnis untuk pemula di tahun 2020.
Peluncuran dan penjualan pertama Anda hanyalah awal dari tugas Anda sebagai wirausaha. Untuk mendapatkan untung dan tetap bertahan, Anda selalu perlu mengembangkan bisnis Anda. Ini akan membutuhkan waktu dan usaha, semangat ya!

Disadur dan disesuaikan dari  :

businessnewsdaily.com/-how-to-start-a-business https://www.businessnewsdaily.com/4686-how-to-start-a-business.html

startupbros.com/how-to-start-a-business-with-no-money https://startupbros.com/how-to-start-a-business-with-no-money/

cashwagon.id/5-tips-to-start-small-business-for-beginners https://cashwagon.id/blog/5-tips-to-start-small-business-for-beginners/