9 Strategi Pemasaran Terbaik yang Wajib Anda Terapkan

Apa saja strategi pemasaran terbaik dan juga handal yang wajib Anda terapkan untuk sukses?

Hampir semua pemilik usaha kecil atau besar pasti selalu ingin tau dan ingin update tentang strategi pemasaran handal, karena hal tersebut adalah aspek utama yang membuat perbedaan antara pengusaha sukses dan yang gagal.

Namun, banyak pula yang tidak peduli dengan teknik pemasaran yang sempurna untuk bisnis mereka, dan tidak mau repot-repot menyadari apa arti strategi pemasaran sebenarnya. Padahal kedua hal ini saling berkaitan dan bergantung satu sama lain.

Secara fundamental, strategi pemasaran adalah kumpulan teknik yang memungkinkan organisasi tertentu untuk mengarahkan sumber dayanya menuju peluang terbaik dalam hal meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan berkelanjutan atas persaingan.

Strategi pemasaran handal dari suatu perusahaan terdiri dari kegiatan jangka panjang yang berkontribusi terhadap pengembangan kesadaran merek yang kuat. Bisnis yang berjalan dengan baik dan sukses dimulai dari strategi pemasaran yang baik dan telah diterapkan sejak lama sehingga itu menjadi budaya, namun tidak menutup pintu pada perubahan atau penyesuaian mengikuti keinginan dan kebutuhan pasar.

Apabila bisnis Anda bergerak di bidang digital, atau memanfaatkan teknologi digital sebagai media pengenalan dan pemasaran, terkadang Anda mungkin merasa strategi pemasaran Internet sulit untuk dipahami.

Ketika Anda akhirnya mengerti cara memasarkan online secara tepat, aturannya berubah. Dengan algoritme SEO, platform media sosial populer, dan bentuk konten terbaik yang selalu berubah, Anda harus tetap menjadi yang terbaik dalam praktik pemasaran internet. Karena seiring perkembangan zaman, teknik pemasaran online tetap harus fleksibel dan ikut berkembang.

Tetapi menciptakan strategi pemasaran handal tidaklah sulit seperti yang Anda bayangkan. Jika Anda mencari cara untuk menciptakan kehadiran bisnis Anda secara online yang lebih kuat dan meningkatkan visibilitas Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan dan klien, maka perhatikan komponen-komponen strategi yang harus Anda jalankan.

Komponen-komponen strategi pemasaran handal

1. Memahami target audiens Anda.

Siapa yang ingin Anda jangkau melalui upaya pemasaran Anda? Siapa yang Anda kategorikan sebagai pelanggan sempurna?

Ini adalah langkah pertama dalam setiap strategi pemasaran yang harus menjadi inti dari pemasaran Anda. Dengan mengidentifikasi target audiens, tidak berarti Anda akan mengabaikan pembeli potensial yang tidak sesuai dengan kriteria yang Anda tetapkan.

Semua orang yang tertarik dengan produk dan layanan Anda masih akan bisa mendapatkannya, tetapi Anda harus mempersempit upaya pemasaran Anda ke kategori orang yang kemungkinan besar akan Anda tarik.

Hal ini juga akan membantu Anda untuk lebih mengenal karakteristik produk dan hubungannya dengan pembeli atau pengguna produk Anda. Lagi pula, ilmu mengenali orang itu menarik bukan?

Jika usaha Anda memanfaatkan teknologi online, maka pahamilah bahwa setiap demografis audiens akan menggunakan internet dengan cara yang berbeda. Untuk memasarkan secara tepat kepada mereka, Anda harus memahami kebiasaan berselancar di situs web yang mereka lakukan.

Jika target audiens Anda terdiri dari generasi millennial dan generasi muda, strategi internet Anda mungkin akan terlihat jauh berbeda dari perusahaan yang menargetkan generasi yang lebih tua yang tidak terlalu mengenal media sosial atau platform online yang lebih baru.

Untuk membuat strategi pemasaran handal, Anda perlu mengidentifikasi siapa target audiens Anda dan cara mereka menjelajah situs web, atau mengetahui dari mana produk yang Anda pasarkan, metodenya dengan memberi kuisioner atau dengan analytic tools menggunakan metode berikut :

  • Berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk online?
  • Apakah mereka menggunakan perangkat seluler untuk mencari konten, membaca posting di blog, atau membaca iklan offline?
  • Platform media sosial apa yang mereka gunakan?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dapat memberi Anda dasar yang kuat untuk strategi pemasaran online Anda, untuk menentukan dan memilih langkah strategi pemasaran handal yang baik untuk bisnis Anda.

Saat Anda mengidentifikasi minat pelanggan Anda, Anda akan menyesuaikan gaya keseluruhan strategi pemasaran Anda dengan cara yang sesuai dengan kategori pengguna. Anda akan membuat iklan televisi yang sempurna, Anda akan menulis postingan blog dalam bahasa yang mereka pahami, dan Anda akan dengan mudah terhubung dengan mereka melalui media sosial.

2. Membangun kesadaran pasar

Tujuan akhir dari setiap bisnis adalah untuk mendapatkan lebih banyak kepercayaan dengan pembeli dan mencapai kesadaran merek yang lebih baik di antara target audiens.

Beberapa cara klasik untuk meningkatkan kesadaran akan merek Anda misalnya beriklan (televisi, koran, majalah, dan online) dan pemasaran dari mulut ke mulut. Taktik ini tidak ketinggalan zaman seperti yang dipikirkan oleh pengusaha kontemporer. Anda harus tetap menganggapnya sebagai bagian dari strategi pemasaran konten Anda apabila Anda ingin menjangkau target audiens yang luas.

Dalam target pasar yang lebih modern, konsep membangun kesadaran merek sebagian besar ditentukan melalui teknik pemasaran online. Ini berarti bisnis Anda memerlukan situs web, serta blog tempat Anda akan memposting artikel berkualitas tinggi yang terkait dengan produk Anda.

Video, podcast, infografis, gambar, dan presentasi online juga penting. Konten visual dan audio menciptakan kesan abadi karena dapat berkali-kali Anda gunakan untuk kebutuhan pemasaran. Manfaatkan web, blog, dan media sosial secara maksimal untuk menjaring kesadaran pasar terhadap produk yang Anda pasarkan.

3. Memantau persaingan bisnis.

Salah satu hal terbaik tentang strategi pemasaran handal adalah memungkinkan Anda untuk memantau apa yang dilakukan pesaing Anda. Apabila Anda menggunakan media sosial untuk produk yang Anda pasarkan, Anda dapat melihat setiap pos mereka, melacak setiap kampanye mereka, dan memahami reaksi audiens Anda terhadapnya.

Dengan begitu banyak aksesibilitas, dapat memberi pemasaran Anda keuntungan unik yang mungkin tidak dapat Anda temukan kembali di zaman pemasaran tradisional.

Untuk memantau pesaing Anda dengan baik, Anda dapat melihat profil media sosial mereka, ulasan online mereka, dan situs web atau blog mereka. Ketika Anda dapat mengembangkan pemahaman yang kuat tentang apa yang dapat ditawarkan pesaing Anda, persepsi tentang mereka oleh target audiens Anda, dan kesalahan yang mungkin mereka buat, Anda dapat lebih memahami memposisikan diri Anda nantinya.

4. Mencipatakan keunikan produk yang Anda unggulkan

Merek Anda harus menawarkan keuntungan unik jika Anda ingin target audiens Anda memilihnya daripada penawaran pesaing.

Apa hal utama yang membedakan produk Anda dengan penawaran lainnya di pasar yang sama? Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi keunggulan seperti itu, Anda sebaiknya memikirkannya sesegera mungkin. Kemudian, Anda akan memfokuskan strategi pemasaran handal Anda untuk promosi.

Yang perlu Anda ingat adalah, jangan membuat hal-hal terlalu rumit, termasuk strategi Anda dalam beriklan. Iklan yang rumit itu menyebalkan dan kontraproduktif. Anda perlu mengidentifikasi satu atau dua hal yang membuat Anda berbeda dan mempromosikannya sebanyak mungkin.

Apakah produk Anda lebih murah dan lebih baik daripada yang lainnya di pasaran? Sebenarnya hanya itu yang dibutuhkan pembeli potensial Anda. Anda juga bisa menggunakan teknik pemasaran dengan tema atau keunggulan tertentu, misalnya hanya produk Anda yang memiliki apa yang sesungguhnya dicari oleh pasar.

Atau gunakan teknik beriklan yang sedang ramai disukai dan menghibur sesuai dengan audiens Anda, sehingga mereka akan merasa dekat dan butuh dengan produk yang Anda pasarkan.

5. Menggunakan kembali konten- koten terbaik

Pelanggan akan memiliki preferensi yang berbeda untuk mengkonsumsi konten, tidak peduli siapa yang ada dalam demografis Anda. Jika beberapa orang senang membaca posting blog, yang lain justru ingin menontonnya dalam video, sementara yang lain mencari infografis. Setiap demografis itu berbeda dan unik.

Untuk memastikan Anda menjangkau setiap anggota target audiens Anda, Anda dapat membuat berbagai bentuk konten untuk mendapatkan mereka informasi yang mereka cari, jadikan ini sebagai jurus strategi pemasaran handal Anda.

Menggunakan kembali atau menerbitkan ulang konten utama Anda dapat menghemat waktu dan uang untuk penelitian sambil mempromosikannya melalui jalan yang berbeda. Misalnya, jika Anda mengubah postingan blog populer menjadi video, Anda sekarang menjangkau target audiens Anda di blog utama dan YouTube. Ini memperluas jumlah individu yang dapat Anda jangkau sambil memberi pembaca bentuk konten baru untuk dihubungkan.

6. Membangun komunikasi

Sangat penting mengetahui cara berkomunikasi dengan audiens Anda.
Anda tidak bisa begitu saja membuat profil media sosial dan menggunakannya kapan pun Anda punya waktu. Koneksi yang Anda kembangkan dengan pelanggan Anda adalah aspek kunci untuk keberhasilan strategi pemasaran.

Media sosial memang penting, tetapi Anda harus menggunakannya secara strategis. Pertimbangkan iklan berbayar di Facebook, Twitter, dan platform lainnya. Iklan ini akan ditampilkan di depan audiens yang besar, sehingga Anda akan dengan mudah menarik basis pengikut sekaligus pembeli dengan metode ini.

Ketika Anda mendapatkan jumlah pengikut yang layak, Anda harus menjaga komunikasi yang baik dengan mereka. Anda pasti akan mempromosikan produk dan layanan Anda sebagai pilihan terbaik di pasar, tetapi Anda harus memusatkan perhatian Anda pada kebutuhan dan keinginan pengikut Anda. Identifikasi kebutuhan mereka dan tunjukkan bahwa produk Anda merupakan solusi yang tepat.

Pantau aktivitas audiens Anda dan pastikan untuk mempublikasikan pembaruan di waktu-waktu aktivitas internet pelanggan meningkat, dengan begitu mereka akan segera dapat melihat postingan dan iklan Anda, sisipkan metode komunikasi yang Anda tawarkan, sehingga waktu Anda dan audiens lebih efisien.

7. Memperhatikan aktivitas audiens

Ketika Anda mengidentifikasi target audiens Anda, dan Anda mulai membangun kesadaran merek, maka Anda seharusnya sudah memiliki penawaran unik dan Anda memahami pentingnya komunikasi yang tepat. Elemen yang menghubungkan strategi pemasaran handal adalah aktivitas.

Anda perlu memberi tahu target audiens Anda tentang keuntungan produk Anda melalui serangkaian kegiatan yang mencakup periklanan, kehadiran di forum online, seminar, webinar, promosi, hadiah, wawancara, dan cara cerdas lain menggunakan media. Setiap tindakan yang Anda ambil harus menjaga hubungan dengan strategi pemasaran Anda.

Langkah ini dapat Anda lakukan untuk menciptakan unsur ‘nyata’ dari produk dan bisnis Anda, keterlibatan bisnis Anda pada aktivitas tertentu dapat mengambil hati audiens dan menciptakan kedekatan dengan mereka.

8. Mengatakan kepada Audiens Apa Yang Anda Inginkan.

Jika audiens Anda tidak yakin ke mana mereka harus membeli atau apa yang harus mereka lakukan setelah membaca posting blog yang berwawasan luas dan menginspirasi dari situs web Anda, mereka hanya akan menutup layar dan menjalani hari mereka seperti biasa- artinya Anda telah kehilangan pembeli potensial Anda. Hindari kesalahan pemasaran internet yang umum ini dengan memasukkan ajakan bertindak dengan setiap pos yang Anda unggah.

Dengan berbagi di media sosial dan memberi tahu audiens tentang langkah selanjutnya yang dapat mendorong mereka untuk terlibat dan terhubung dengan merek Anda. Jika mereka setuju untuk menerima buletin Anda atau mengikuti Anda di media sosial, Anda telah membangun komunikasi dan dapat menyampaikan keinginan Anda kepada mereka, yaitu menggunakan produk Anda.

9. Bermainlah dengan emosi audiens.

Pembeli zaman sekarang tidak ingin merasa seperti sedang menerima penjualan secara langsung. Sebaliknya, mereka ingin merasa seperti mereka telah membuat pilihan untuk membeli produk atau layanan berdasarkan kebutuhan dan nilai-nilai mereka. Jika ingin terhubung dengan mereka, pertimbangkan tentang iklan yang Anda gunakan, serta memeberikan solusi kebutuhan dan keinginan mereka.

Saat membuat strategi pemasaran internet, pertimbangkan emosi yang mungkin ditimbulkan oleh metode pemasaran Anda :

  • Ketakutan dan kemarahan dapat Anda masukkan dalam strategi pemasaran, memungkinkan Anda untuk menunjukkan bagaimana produk atau layanan Anda dapat membantu memenuhi kebutuhan mereka.
  • Afirmasi atau kegembiraan juga dapat digunakan dalam pemasaran, menggunakan penggambaran yang berkesan dari pelanggan yang menggunakan produk atau layanan.

Dalam menentukkan dan menjalankan strategi pemasaran handal Anda harus siap untuk menginvestasikan banyak waktu, tenaga, kesabaran, dan keuangan dalam tujuan ini. Ketika Anda memperhatikan elemen-elemen kunci dari strategi pemasaran yang baik, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengembangkan rencana logis dan efektif yang akan mengarahkan bisnis Anda menuju kesuksesan.

Pemasaran online adalah proses yang selalu berubah. Apa yang berhasil hari ini mungkin tidak berfungsi besok, menyebabkan Anda merasa seperti selalu kembali ke awal untuk menciptakan strategi yang tepat untuk bisnis Anda.

Dengan strategi pemasaran internet apa pun yang Anda buat, Anda ingin harus mempertimbangkan kebutuhan dan perilaku pelanggan Anda. Jika Anda benar-benar memahami siapa yang membeli produk Anda, Anda dapat menemukannya dan membuat koneksi yang lebih kuat secara online. Dengan mengidentifikasi siapa mereka, di mana mereka berada, dan apa yang mereka cari, Anda dapat memiliki strategi pemasaran internet yang handal.

Disadur dan disesuaikan dari :

ducttapemarketing.com – Components of good marketing strategy

https://ducttapemarketing.com/components-good-marketing-strategy/

fearlessflyer.com – Create reliable marketing strategy

http://fearlessflyer.com/create-reliable-marketing-strategy/

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top